5 Wisata Sejarah di Bantul

Selain alamnya mempesona, daerah selatan Jogja juga kaya historis. Coba tengok apa saja wisata sejarah di Bantul yang asyik dikunjungi. Biar tahu bagaimana peradaban masa lalu.

Musim liburan segera tiba, bingung menentukan mau jalan-jalan kemana? Tak perlu bingung harus pergi kemana. Bila Kamu senang destinasi bertema historis, bagaimana kalau traveling ke Jogja bagian selatan. Nah, disana banyak banget pilihan wisata sejarah yang bikin penasaran. Tentunya memberikan pengalaman travelingmu lebih berarti, penuh edukasi dan inspirasi.

Berikut 5 Wisata Sejarah di Bantul Yang Direkomendasikan:

1. Makam Raja-raja Mataram Kotagede
Inilah tempat dimana raja pertama Kasultanan Mataram Panembahan Senopati dikebumikan. Banyak pengunjung yang berziarah. Keberadaan lokasi Makam Kotagede ini di samping Masjid Gedhe Kotagede. Pada zaman dulu merupakan komplek keraton Kasultanan Mataram, terlihat ada gapura, benteng, pendopo, sendang, dan banyak lagi. Letak Makam Raja-raja Mataram Kotagede di Jl. Masjid Besar Mataram, Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

2. Makam Raja-raja Imogiri
Ini merupakan pemakaman raja-raja dan keluarga raja dari Kasultanan Mataram. Pemakaman berada di atas bukit ini banyak dikunjungi peziarah. Komplek Astana Imogiri terdiri dari Makam Raja-raja Imogiri dan Masjid Pajimatan Imogiri. Sebelum memasuki makam raja, Kalian mesti melewati anak tangga yang panjang dan menanjak, jumlahnya ratusan. Gapuranya ikonik khas banget. Letak Makam Raja-raja Mataram di Desa Girirejo/Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

3. Goa Selarong
Perlu diketahui bahwa Goa Selarong ini sangat erat kaitannya dengan sejarah Pangeran Diponegoro. Saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda. Dimana Goa Selarong itu merupakan markas gerilya Pangeran Diponegoro yang lokasinya berada di perbukitan kapur tersembunyi dan strategis. Terdapat Goa Kakung dan Goa Putri. Sekitarnya juga ada air terjun. Letak Goa Selarong di Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

4. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala
Salah satu museum pesawat terbang di Indonesia terbesar. Di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta ini Kamu dapat mengetahui sejarah dirgantara Indonesia dan koleksi alutsista pesawat terbang mulai dari jet hingga helikopter, termasuk diorama, lukisan, patung, piagam, buku dan lainnya. Letak Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Raya Janti, Dukuh Karangjambe, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kecamatan Bantul.

5. Museum History of Java
Ikonik banget arsitektur bangunan Museum History of Java ini, bangunan utama berbentuk piramid. Serta dipandukan konsep historis dan kekinian. Museum menyimpan lebih dari ratusan benda bersejarah dari berbagai masa, tentunya memiliki nilai historis dan filosofi. Sejumlah koleksi benda bersejarah itu diantaranya artefak, perhiasan, perabot, cinderamata, dan lain sebagainya. Letak Museum History of Java di Jl. Parangtritis Km 5.5, Dusun Tarudan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.