10 Tempat Wisata di Yogyakarta

Jogja termasuk destinasi terkenal di Indonesia. Ada banyak pilihan tempat wisata di Yogyakarta yang dapat Kamu kunjungi. Semuanya bagus dan temanya beragam, selalu menjadi incaran favorit para traveler baik itu pada hari libur nasional maupun akhir pekan.

Musim liburan telah tiba, punya rencana mau jalan-jalan kemana? Daripada bingung mendingan pergi traveling ke Jogja saja. Dimana daerah berjuluk Kota Gudeg ini mempunyai banyak pilihan tempat wisata bagus dengan beragam tema. Ada wisata sejarah, budaya, hingga alam. Disamping itu juga dari yang terkenal sampai yang anti-mainstream ada semuanya. Lalu apa sajakah itu?

Berikut 10 tempat wisata di Yogyakarta yang direkomendasikan:

#1. Keraton Yogyakarta (Kota Yogyakarta)
Sebelum kemana-mana, sebaiknya mengunjungi Keraton Jogja terlebih dahulu. Kamu bisa mengetahui bagaimana sejarahnya, tradisinya, dan arsitektur bangunannya. Sedangkan di Museum Keraton melihat benda-benda bersejarah dan budaya. Kemudian menyaksikan pagelaran Gamelan Karawitan, dan Tari Jawa Tradisional. Lalu dilanjutkan ke Taman Sari istana air nan cantik, juga menyambangi Sumur Gumuling terowongan dan ruang tersembunyi di bawah tanah. Ingin mencoba atraksi kultural unik, silahkan datang ke Alun-alun Kidul bermain Masangin. Dijamin seru.

#2. Goa Pindul (Gunungkidul)
Ini dia wisata alam di Gunungkidul yang menawarkan keseruan atraksi. Sensasi tubing di Goa Pindul, dimana kegiatan ala adventure ini menawarkan serunya jelajah menyusuri sungai bawah tanah di dalam goa, sekaligus menikmati indahnya stalagtit dan stalagmit. Jangan sendirian, ajaklah teman agar semakin meriah. Biasanya tema wisata minat khusus seperti ini terkandung nilai psikis, emosional, pendidikan, sosial dan hiburan. Yang jelas memberikan kegembiraan, melatih pengendalian emosi, unsur edukasi tentang disiplin, keakraban dan kebersaman.

#3. Candi Prambanan (Sleman)
Candi Prambanan dikenal sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia, juga termasuk salah satu Candi Hindu terindah di dunia. Dalam sejarah, pada abad 9 Masehi silam di Dataran Kewu daerah Jogja bagian timur terdapat peradaban masa lalu. Berdasarkan prasasti Siwagrha, bangunan suci peninggalan Kerajaan Mataram ini dipersembahkan untuk Dewa Shiwa. Kisah epos Mahabarata dan Ramayana pun diabadikan dalam relief-relief Candi Prambanan. Juga selalu dikaitkan dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, asal mula Candi Prambanan.

#4. Gunung Merapi (Sleman)
Letusannya selalu mencuri perhatian, keberadaan gunung paling aktif ini berdiri megah di Yogyakarta utara, tepatnya daerah Sleman. Dipercaya Gunung Merapi itu merupakan gunung suci, pada waktu tertentu digelar Labuhan Gunung Merapi sebagai bentuk syukur. Selain itu, keindahan landskap Gunung Merapi menjadi incaran para wisatawan. Juga sambangi Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, bunker, goa jepang, serta saksikan sisa-sisa kedahsyatan Merapi lainnya. Tertarik yang lebih menantang, cobalah off-road dengan Jeep di lereng selatan Merapi. Mendebarkan.

#5. Wisata Alam Kalibiru (Kulonprogo)
Tersembunyi di Pegunungan Menoreh, Kalibiru merupakah salah satu wisata alam di Kulonprogo yang paling terkenal. Dari ketinggian puncak bukit yang ada, Kamu akan dimanjakan view kaki langit menakjubkan. Spot foto instagramable yang menjadi incaran traveler, tidak lain adalah rumah pohon Kalibiru dengan latar belakangan pemandangan alam landscape Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh. Selain itu juga ada kegiatan seru yang dapat dilakukan lebih menantang yaitu adventure off-road menaiki jeep melewati jalan sekitar kawasan.

#6. Pantai Parangtritis (Bantul)
Masyarakat pesisir Pantai Selatan di Jawa dan Bali percaya bahwa Laut Selatan itu laut suci. Di waktu tertentu digelar tradisi kultural labuhan atau larung. Pantai Parangtritis selalu dikaitkan sama legenda Kanjeng Ratu Kidul sang penguasa Laut Selatan Jawa. Terkenal akan keindahannya, pantai legendaris di Yogyakarta ini juga mempunyai pesona sunset cantik ketika senja. Ada atraksi seru yang bisa dilakukan diantaranya berenang, naik andong, main motor atv, hingga surfing. Terkadang meriah diadakan festival layang-layang, Jogja Air Show, serta lainnya.

#7. Jalan Malioboro (Kota Yogyakarta)
Liburan ke Jogja rasanya belum lengkap kalau belum mengunjungi Jalan Malioboro. Pedestrian legendaris di Jogja Kota ini selalu ramai dengan traveler, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara. Cobalah eksplor sekitar kawasan, siapa tahu menemukan spot foto instagramable dan atraksi unik. Kamu bisa wisata belanja, berburu kuliner oleh-oleh, atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana yang ada. Suasana tempatnya tepat untuk bernostalgia, mengenang masa lalu ketika di Malioboro. Bahkan nuansa romantis pun dapat Anda temukan.

#8. Air Terjun Sri Gethuk (Gunungkidul)
Destinasi bertema wisata alam di Gunungkidul yang tidak boleh Kamu lewatkan, yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun cantik ini tersembunyi di Sungai Oyo, salah satu kawasan di Gunung Sewu Geopark. Pemandangannya mengesankan, disamping itu tempatnya enak buat refreshing melepas penat. Tak sedikit wisatawan yang datang memanfaatkan indahnya Air Terjun Sri Gethuk untuk latar seting foto selfi maupun ngevlog. Bila ingin seru-seruan bisa bermain air basah-basahan, flying fox, naik perahu kapal ataupun mencoba tubing/rafting di Sungai Oyo.

#9. Kebun Binatang Gembira Loka (Kota Yogyakarta)
Jika ingin melihat beragam satwa, langsung saja pergi ke Gembira Loka Zoo. Letaknya di Jogja Kota bagian timur, dekat JEC (Jogja Expo Center). Kebun binatang ini dulunya menurut sejarah merupakan taman raja, tempat bertamasya Sultan beserta kerabatnya. Kemudian dibuka umum untuk tempat rekreasi, pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi satwa langka dari Bonbin Gembira Loka Zoo ini antara lain harimau, singa, gajah, orangutan, jerapah, zebra, rusa, komodo, pengiun, merak, cendrawasih, elang, ular, buaya, dan lainnya.

#10. Pantai Indrayanti (Gunungkidul)
Salah satu pantai terindah di Gunungkidul yang menjadi favorit tujuan wisatawan. Pantai Pulang Syawal atau sering disebut Pantai Indrayanti memiliki panorama pantai cantik, ombak memukau, serta bertipe pantai pasir putih. Di tepi pantainya berjajar payung warna-warni dan gazebo untuk bersantai, enaknya sambil mencoba kuliner seafood. Juga ada keseruan yang dapat dilakukan seperti berenang, naik jetsky, surfing, dan lain sebagainya. Sedangkan dari ketinggian bukit, Kalian bisa melihat eloknya pemandangan alam. Terlebih ketika senja, sunset Pantai Indrayanti indah banget.

Tertarik, pilih yang mana?