Home » Ide Jalan-jalan » 10 Tempat Wisata di Yogyakarta

10 Tempat Wisata di Yogyakarta


Rencana mau liburan kemana? Jika destinasi pilihan daerah tujuan wisatamu Yogyakarta, ada beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi. Lalu obyek wisata apa sajakah itu?

1. Keraton Yogyakarta (Kota Yogyakarta)
Sebelum kemana-mana, sebaiknya kamu mengunjungi terlebih dahulu Keraton Jogja. Lokasinya tak jauh dari Malioboro dan Pasar Beringharjo. Di Museum Keraton Anda dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah dan budaya. Terus kalian dapat menyaksikan pagelaran kesenian gamelan dan tarian. Dilanjutkan menyambangi Taman Sari yang indah, serta terowongan jalan tersembunyi dibawah tanah. Untuk menghidupkan suasana, cobain deh datang ke Alun-alun Kidul bermain Masangin. Dijamin seru.

2. Goa Pindul (Gunungkidul)
Wisata alam di Gunungkidul ini menawarkan sesuatu yang unik, lain daripada yang lain. Sensasi tubing di Goa Pindul bikin adrenalin semakin tertantang, serunya dilakukan ramai-ramai bersama teman kalau menikmati indahnya sungai bawah tanah didalam goa. Jelajah menyusuri perut bumi, model aktivitas wisata minat khusus seperti ini dapat menumbuhkan rasa keakraban dan cinta. Kalau enggak percaya, sesekali dicoba aja. Berpetualang menjelajahi Goa Pindul itu bukan hanya gaya-gayaan dan bersenang-senang menikmati pesona alam, tetapi ada sesuatu pesan inspiratif tersembunyi yang dapat kalian tangkap dan temukan sendiri disana. Lokasi tak jauh dari Goa Tanding dan

3. Candi Prambanan (Sleman)
Siapa yang enggak tahu dengan Candi Hindu terindah di dunia ini. Keberadaannya menjadi bukti sejarah, bahwa pada abad 9 Masehi silam di Dataran Kewu daerah Jogja bagian timur terdapat peradaban masa lalu. Lokasinya berdekatan dengan Candi Sewu. Berdasarkan prasasti Siwagrha, bangunan suci peninggalan Kerajaan Medang Mataram ini dipersembahkan untuk Dewa Shiwa. Kisah epos Mahabarata dan Ramayana pun diabadikan dalam relief-relief Candi Prambanan. Dengan adanya legenda Roro Jonggrang, masyarakat sekitar candi percaya bahwa asal mula Candi Prambanan berasal dari kisah romantis antara puteri Ratu Boko yaitu Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso.

4. Gunung Merapi (Sleman)
Letusannya sungguh dahsyat selalu mencuri perhatian banyak khalayak. Keberadaan gunung paling aktif di dunia ini berdiri megah disebelah utara daerah Yogyakarta, tepatnya di Sleman. Dipercaya Gunung Merapi itu merupakan gunung yang suci oleh masyarakat sekitarnya. Selain itu mempunyai pesona keindahan alam yang tersembunyi, banyak wisatawan yang datang kesana. Serunya menjelajah dengan Jeep di lereng selatan Merapi menjadi daya tarik tersendiri. Batu alien dan bekas kedahsyatan Merapi pun dapat kamu saksikan langsung disana.

5. Wisata Alam Kalibiru (Kulonprogo)
Wisata alam di Kulonprogo ini keindahannya seperti taman di surga, membuat decak kagum siapa saja yang hadir. Dari ketinggian salah satu puncak bukit yang ada di kawasan obyek wisata alam Kalibiru itu, mata kalian akan dimanjakan pesona pemandangan alam landscape dengan latar belakang Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh. Rumah pohon di Kalibiru pun juga menjadi incaran utama wisatawan saat berkunjung, banyak yang rela antri demi berfoto. Wisata alam Kalibiru pesona indahnya tak ada duanya di dunia ini. Hanya ada di bumi “Binangun”, dengar-dengar juga daerah Kulonprogo mempunyai slogan pariwisata yaitu “The Jewel of Java”.

6. Pantai Parangtritis (Bantul)
Masyarakat sekitar pesisir Pantai Selatan di Jawa dan Bali percaya bahwa Laut Selatan itu laut yang suci. Legenda Kanjeng Ratu Kidul sang penguasa Laut Selatan Jawa pun selalu muncul dalam cerita masyarakat pesisir. Pasti kalian pernah mendengar ada salah satu pantai legendaris di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Pesonanya benar-benar kasat mata. Pasalnya, keindahan pantai di Jogja ini tersembunyi bersama kemisteriusannya. Jadi perlu berkunjung terlebih dahulu kesana, baru Anda akan mengerti dimana letak pesonanya.

7. Malioboro (Kota Yogyakarta)
Liburan ke Jogja rasanya belum lengkap kalau belum mengunjungi Malioboro. Kawasan wisata di Jogja kota ini selalu memperoleh perhatian penuh dari para wisatawan. Bukan hanya sebagai tempat belanja atau nongkrong yang asyik, tetapi juga tempat penuh inspiratif. Sesuatu yang unik dan menarik tak terduga pun selalu menanti kedatangan Anda. Nuansa tempatnya sangat mendukung suasana romantis, serta tempat yang tepat untuk bernostalgia. Bila Anda pernah berkunjung sekali ke Malioboro, pasti ingin datang lagi dan lagi.

8. Air Terjun Sri Gethuk (Gunungkidul)
Decak kagum tentunya tak terlepas dari pandanganmu saat berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul ini. Keindahannya tersembunyi di Sungai Oyo, membuat Anda penasaran. Dari kejauhan nampak eksotis apalagi kalau didekati. Aliran airnya segar, asyiknya berbasah-basahan. Mumpung disana selfi foto dulu, buat kenang-kenangan. Yang ingin naik kapal silahkan, atau memilih tubing boleh saja.

9. Kebun Binatang Gembira Loka (Kota Yogyakarta)
Ingin menyapa beragam satwa, langsung saja ke Gembira Loka Zoo letaknya di Jogja Kota. Kebun binatang ini dulu menurut sejarah sebagai taman raja, tempat bertamasya Sultan beserta kerabatnya. Kemudian dibuka umum untuk tempat rekreasi, pengunjung dapat menyaksikan koleksi satwa langka dari Bonbin Gembira Loka Zoo ini. Mengenalkan aneka satwa secara edukatif, termasuk ada museumnya dan atraksi menarik.

10. Pantai Indrayanti (Gunungkidul)
Wisatawan yang piknik ke Gunungkidul yang dicari pasti obyek wisata pantainya. Semua terbilang indah dan eksotis, mempesona siapa saja yang datang. Salah satunya Pantai Indrayanti di Gunungkidul ini, menjadi lokasi favorit tujuan rekreasi. Bertipe pantai pasir putih, pemandangan lautnya istimewa, berjajar gazebo-gazebo cantik ditepian pantai untuk bersantai, kuliner seafood enak, dan ombaknya bersahabat untuk berenang, main jet sky ataupun surfing. Bukan hanya untuk mereka yang muda, tetapi juga nyaman dan cocok untuk liburan keluarga.

Oh iya, bagusnya mana dulu yang harus dikunjungi?