10 Wisata Pantai di Banyuwangi

Ada banyak obyek wisata pantai di Banyawangi yang asyik dikunjungi. Selain menyuguhkan indahnya Laut Selatan Jawa, juga ada keseruan atraksi yang dapat dilakukan dan festival budaya yang bisa dilihat.

Hari libur adalah waktu yang tepat untuk rekreasi. Apakah Anda sudah punya rencana mau pergi kemana? Jika belum, bagaimana kalau jalan-jalan ke Banyuwangi. Nah, daerah berjuluk Bumi Blambangan sekaligus Kota Gandrung ini dikenal memiliki banyak wisata pantai cantik. Yang jelas menjanjikan, baik pemandangan alamnya, kegiatannya serunya maupun tradisi daerah pesisirnya.

Berikut 10 Obyek Wisata Pantai di Banyuwangi Yang Direkomendasikan:

1. Pantai Plengkung
Berlokasi di kawasan Alas Purwo National Park. Diketahui Pantai Plengkung sering juga disebut G-Land, populer disambangi peselancar pro. Miliki spot surfing terbaik dengan gelombang ombak sempurna untuk berselancar, sehingga memperoleh julukan “The Seven Giant Waves Wonder”. Ombaknya berbentuk tujuh gulungan besar dengan tinggi enam sampai delapan meter. Waktu terbaik selancar, antara bulan April – September. Letak Pantai Pulau Merah di Dusun Purworejo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi

2. Pantai Pulau Merah
Pantai di Banyuwangi ini ikonik dengan pulau dan memiliki ombak bagus untuk surfing, plus panorama lautnya istimewa. Nama Pantai Pulau Merah diambil dari pulau berbukit dekat pantai yang tanahnya berwarna kemerahan, diperkirakan magma gunung api purba. Selain memiliki view instagenik, Kamu pun bisa refreshing menikmati suasana santai, jalan-jalan menapaki pasir ataupun berenang. Bila senja, sunset Pulau Merah tampak eksotis banget. Lokasi Pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

3. Pantai Watu Dodol
Berada di tepi jalan utama Banyuwangi – Situbondo, tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Pantai Watu Dodol ikonik sama batu raksasa misterius dan patung Tari Gandrung. Juga lalu lalang kapal berlayar terlihat jelas menghiasi Selat Bali, itu malahan mempercantik panorama lautnya. Sedangkan dari ketinggian bukit sekitar pantai atau gardu pandang, Kamu dapat menantap indahnya tempat wisata ini. Untuk lebih tepatnya letak Pantai Watu Dodol di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

4. Pantai Grajagan
Perlu diketahui bahwa keberadaan Pantai Grajagan ini merupakan gerbang menuju Taman Nasional Alaspurwo dan Pantai Plengkung. Pengunjung yang datang akan disuguhi pemandangan Laut Selatan Jawa yang legendaris. Suasananya enak banget buat melepas penat, terus Anda pun juga bisa renang, menapaki pasir, bermain air, layang-layang, bola hingga santai di tepi pantai. Jangan lupa mencoba kuliner seafood khas setempat. Lokasi Pantai Grajagan di Dusun Grajagan Pantai, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.

5. Pantai Bangsring
Tawarkan pesona beda, Pantai Bangsring di Banyuwangi ini fokus pada wisata bahari. Alasan mengapa banyak traveler pilih Pantai Bangsring sebagai tujuan destinasi, karena mereka penasaran ingin mengetahui cantiknya Bangsring Under Water. Termasuk spot snorkeling dan diving scuba terbaik, Kalian bisa menyaksikan surga bawah laut Bangsring yang menakjubkan. Berjumpa biota laut seperti warna-warni ikan nemo giru, terumbu karang, penyu, hiu dan lain sebagainya. Letak Pantai Bangsring di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

6. Pantai Trianggulasi
Bila Kamu menyukai destinasi anti-maintream bertema lautan, tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Trianggulasi. Ini merupakan salah satu obyek wisata pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Serta keberadaannya tidak jauh dari Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Pancur. Yang jelas pantainya bagus, sangat tepat dikunjungi pada saat musim liburan ataupun akhir pekan. Sedangkan lokasi Pantai Trianggulasi di Dusun Kaliagung, Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

7. Pantai Wedi Ireng
Salah satu pantai di Banyuwangi yang cukup terkenal. Pantai Wedi Ireng ini bertipe pantai pasir putih dengan pemandangan alam menawan. Diikuti suasana desa nelayan, sementara lalu lalang perahu kapal berlayar menghiasi teluk kecil ini. Eksplorlah sekitar kawasan, temukan spot menarik. Terdapat gazebo, ayunan, gapura dan beragam dekorasi artistik lainnya. Oh ya, di waktu tertentu digelar atraksi kultural labuhan sesajen. Letak Pantai Wedi Ireng di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

8. Pantai Mustika Pancer
Selain cantik pantainya, suasana desa nelayan sangat terasa, berderet perahu, terdapat dermaga, dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Beraneka ikan hasil tangkapan nelayan bisa Kamu peroleh dengan mudah dan terjangkau, termasuk kuliner seafood. Jikalau menghadap ke laut, tatapan akan dimanjakan pesona Pantai Selatan Jawa yang menyatu bersama keelokan landscape pegunungan. Sementara di sore hari senja tiba, sunsetnya bagus banget. Terkadang ada atraksi budaya digelar meriah yaitu labuhan sesaji petik laut. Lokasi Pantai Mustika Pancer di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

9. Pantai Rajegwesi
Surga tersembunyi di kawasan TN Meru Betiri. Pantai Rajegwesi memang beda, tampilkan keunikan tersendiri. Bukan bertipe pantai pasir putih, melainkan berpasir hitam yang lembut teksturnya. Coba eksplorlah sekitar area, temukan spot unik yang tidak diketahui khalayak, termasuk bangunan peninggalan masa lalu. Wisatawan datang kesini tidak hanya memburu panorama laut saja, tetapi suasana tempat yang tepat untuk refreshing menghilangkan kepenatan. Detailnya, letak Pantai Rajegwesi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

10. Teluk Hijau
Satu lagi wisata pantai di Banyuwangi yang mengesankan, tidak lain adalah Green Bay atau Teluk Hijau. Berada di Taman Nasional Meru Betiri. Perjalanan dari Banyuwangi Kota menuju Green Bay akan menghabiskan estimasi waktu sekitar 3 jam. Begitu tiba, Anda disuguhi pemandnagan pantai memikat hari. Semuanya masih alami, dan suasananya sangat tenang, jauh dari keramaian. Tipenya pantai pasir putih, serta warna hijau tosca air lautnya bikin Kalian betah disini. Lokasi Teluk Penyu di Dusun Krajan Besaran, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Baguskan. Kamu pilih yang mana?