Home » Ide Jalan-jalan » 10 Wisata Pantai di Banyuwangi

10 Wisata Pantai di Banyuwangi

Mumpung liburan, plesiran ke Kota Gandrung, Yuk? Tahu tidak, obyek wisata pantai di Banyawangi terkenal indah, lho. Tak hanya menawarkan view cantik lautan, tetapi juga kegiatan menantang yang bisa dilakukan, plus atraksi budaya yang disaksikan.

Hari libur adalah waktu yang tepat untuk traveling. Bila destinasi pilihanmu Banyuwangi, baguslah. Jalan-jalanlah ke pesisir Bumi Blambangan, karena deretan wisata Pantai Banyuwangi indah-indah, tak mengherankan jika disukai pelancong seperti halnya destinasi favorit. Menyuguhkan eloknya bahari, tradisi daerah pesisir membuat pengunjung terkesan. Diikuti tema olahraga wisata minat khusus menantang andrenalin.

Daftar obyek wisata Pantai di Banyuwangi yang semestinya Kamu kunjungi:

  1. Pantai Plengkung
    Berlokasi di kawasan Alas Purwo National Park. Diketahui Pantai Plengkung sering juga disebut G-Land, populer disambangi peselancar pro. Miliki spot surf dengan gelombang ombak sempurna untuk berselancar, sehingga memperoleh julukan ‘The Seven Giant Waves Wonder’. Ombaknya berbentuk tujuh gulungan besar dengan tinggi enam sampai delapan meter. Saat terbaik selancar, bulan Juli – September.
  2. Pantai Pulau Merah
    Berada di wilayah Pesanggaran. Nama Pantai Pulau Merah diambil dari pulau berbukit dekat pantai yang tanahnya berwarna kemerahan, diperkirakan magma gunung api purba. Terlihat bukit Pulau Merah banyak ditumbuhi pepohonan, bila senja sunset nampak eksotis. Viewnya bagus buat berfoto. Selain menapaki pasir dan berenang, sebagian pelancong memilih selancar, karena gelombangnya ideal.
  3. Pantai Watu Dodol
    Ikonik sama batu raksasa misterius dan patung Tari Gandrung. Lokasinya tepi jalan utama Banyuwangi – Situbondo, tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Lalu lalang kapal berlayar terlihat jelas menghiasi Selat Bali, itu malahan mempercantik panorama laut. Sedangkan dari bukit sekitar pantai, Kamu pun dapat rileks dan menantap indahnya tempat wisata ini.
  4. Pantai Grajagan
    Terletak di daerah Purwoharjo. Keberadaan Pantai Grajagan merupakan gerbang menuju TN Alaspurwo dan Pantai Plengkung. Kamu disini akan disuguhi pemandangan Laut Selatan Jawa yang legendaris. Nikmati asyiknya bermain air, layang-layang, bola, selfi ria. Santai rileks ditepi pantai hal menyenangkan. Tertarik tualang mengeksplor area, silahkan.
  5. Pantai Bangsring
    Tawarkan pesona beda, yakni fokus pada wisata bahari. Alasan mengapa traveler pilih Pantai Bangsring sebagai tujuan destinasi, karena mereka penasaran ingin mengetahui cantiknya Bangsring Under Water. Spot snorkeling dan diving scuba, menyaksikan surga bawah laut Bangsring sungguh menakjubkan. Berjumpa biota laut warna-warni ikan nemo, terumbu karang, lainnya.
  6. Pantai Trianggulasi
    Lagi tujuan wisata yang menjanjikan, Pantai Trianggulasi merupakan salah satu pantai yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Tepat di Desa Telaldlimo, tidak jauh dengan Pura Luhur Giri Salaka serta Pantai Pancur. Sedangkan bila dari Kota Banyuwangi jaraknya kisaran 70 kilometer. Spotnya bagus, tempatnya enak, menyegarkan pikiran.
  7. Pantai Wedi Ireng
    Letak Pantai Wedi Ireng di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Wedi Ireng pantai berpasir putih, pemandangannya menawan. Suasana desa nelayan, lalu lalang perahu kapal berlayar menghiasi selat kecil ini. Lengkap dengan ayunan ditepi pantai, gazebo untuk bersantai. Eksplorlah sekitar kawasan, pasti seru. Terkadang atraksi budaya seperti labuhan digelar.
  8. Pantai Mustika Pancer
    Lokasi di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran. Terasa di desa nelayan, berderet perahu. Terdapat dermaga, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), sedangkan ikan hasil tangkapan nelayan bisa Kamu peroleh dengan terjangkau. Tatapan pandangan terarah pada Pantai Selatan Jawa nan mempesona, menyatu bersama keelokan landscape pegunungan. Sementara sore hari sunset manis sudah menunggumu.
  9. Pantai Rajegwesi
    Masuk kawasan TN Meru Betiri. Detailnya, Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran. Tampilkan keunikan berbeda, pasir bukan putih namun lembut teksturnya. Eksplorlah sekitar, pasti menemui bangunan peninggalan masa lalu. Wisatawan pergi kesini tidak hanya memburu panorama laut, tetapi refreshing melepas kepenatan.
  10. Teluk Hijau
    Satu lagi wisata pantai di Banyuwangi yang mengesankan, tidak lain adalah Green Bay atau Teluk Hijau. Lokasinya di Taman Nasional Meru Betiri. Dari Banyuwangi Kota waktu perjalanan menuju Green Bay akan menghabiskan sekitar 3 jam. Begitu tiba, Anda disuguhi pemandnagan pantai memikat. Masih tenang, pasalnya belum terlalu ramai. Pesolek pantai pasir putih, hijau tosca air lautnya bikin Kalian betah piknik disini.