Home » Traveling » Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa


Destinasi wisata alam di Probolinggo popular, Air Terjun Madakaripura. Miliki pesona indah sekaligus dikenal sebagai air terjun paling tinggi di Jawa, serta dipercaya tempat petilasan patih Kerajaan Majapahit.

Letak Air Terjun Madakaripura di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya dekat sama Madakaripura Forest Park. Tetapi tidak jauh dengan Air Terjun Triban, Umbulan dan Watu Lawang.

Jika liburan ke Probolinggo tak perlu bingung menentukan pilihan obyek wisata mana yang harus dikunjungi. Banyak opsi destinasi menarik, salah satunya Air Terjun Madakaripura. Tingginya kurang lebih 200 meter. Keberadaan air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini masih masuk dalam lingkup kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Mengagumkan, tinggi Air Terjun Madakaripura sekitar 200 meter. Baru pertama kali melihat, pasti terpukau. Keindahan wisata alam ini tersembunyi diantara perbukitan, asrinya pepohonan membuat hawa udara semakin sejuk. Spot atraksi menarik tebing air terjunnya membentuk formasi melingkar cantik, dan dialiri air jernih asli pegunungan, segar. Menjadi daya tarik traveler.

Pemandangan alam sekitar membuat pandangan pengunjung tak berkedip sedikitpun. Beruntung bila cuaca cerah, terkadang fenomena pelangi di Air Terjun Madakaripura terlihat. Yang terdengar hanya suara gemericik air terjun yang mengalir. Suasana tenang, sunyi penuh keheningan tepat untuk tempat refreshing. Mungkin, liburan solusi cara sederhana relaksasi mengurangi stres dan frustasi.

Nuansa atmosfir berkabut mirip hujan gerimis bisa anda rasakan di Air Terjun Madakaripura, akibat derasnya aliran air dari atas turun ke bawah. Plesiran semakin seru, berbasah-basahan. Objek wisata ini bisa dimasukkan dalam kategori wisata alam tema tempat traveling romantis juga. Yang mengejutkan lagi, wisata alam ini termasuk tempat bernuansakan sejarah.

Dibalik keindahan alamnya ternyata tersembunyi pesona sejarah. Historis berkaitan dengan peradaban masa lalu, rupanya disinilah tempat terakhir yang disinggahi Gajah Mada, patih legendaris Kerajaan Majapahit. Petilasan Patih Gajah Mada di Probolinggo, ya Air Terjun Madakaripura ini. Tempat meditasi sang patih tersohor itu, mencari ketenangan. Tempat yang sakral.

Selain itu, cobalah menjelajah sekitar lokasi, siapa tahu menemukan sesuatu yang unik ataupun spot menarik yang Anda sukai. Jangan lupa mengabadikan diri disana dalam sebuah potret, karena disetiap sudut Air Terjun Madakaripura memiliki spot fotografi istimewa. Memotret pemandangan alam, berfoto selfie, wefie atau vlog, oke semua pokoknya. Jadikan pengalaman travelingmu penuh arti dan inspirasi. Liburan ke Probolinggo asyiknya enggak sendirian, lebih seru ramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Oh iya, bila masih meneruskan traveling. Kunjungi juga obyek wisata di Probolinggo lainnya seperti Pulau Gili Ketapang, Gunung Argopuro, Gunung Bromo, Pantai Bentar, Ranu Segaran, Ranu Agung, Ronggojalu, Candi Jabung dan banyak lagi. Sayang kalau dilewatkan begitu saja, apalagi jaraknya tidak kejauhan dengan Pananjakan Gunung Bromo dan Cuban Tumpak Sewu Lumajang.

Tertarik, datanglah. Air terjun legendaris di Pulau Jawa ini pesona indahnya tak mudah dilupakan. Kesini ya.