Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Tersembunyi di Kali Oyo

Ini dia wisata alam di Gunungkidul Jogja yang asyik dikunjungi yakni Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi tersembunyi di Sungai Oyo ini menawarkan pesona indahnya air terjun dan atraksi seru.

Berencana ingin jalan-jalan ke Yogyakarta, tetapi bingung mau pergi kemana? Mendingan ke daerah Gunungkidul saja tujuannya. Ada surga tersembunyi di kawasan Gunung Sewu Geopark, tepatnya di Sungai Oyo. Namanya obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk, dimana destinasinya masih alami, terus pemandangan alamnya cantik serta menjanjikan keseruan atraksi yang dapat dilakukan.

Letak Air Terjun Sri Gethuk di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Keberadaannya dekat sama Goa Trondol, Puncak Tri Panjung dan Watu Layah. Namun tidak jauh dari Goa Rancang Kencono dan Air Terjun Lepo Dlingo. Akses jalan menuju lokasi mudah, dapat ditempuh dengan mobil/motor. Agar meriah ajaklah teman, jangan pergi sendirian.

Diketahui bahwa Air Terjun Sri Gethuk ini termasuk obyek wisata di Gunungkidul terkenal bertema alam. Pesona yang ditawarkan sama bagusnya dengan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Goa Jomblang. Populer jadi tujuan favorit traveler. Pada hari libur nasional maupun akhir pekan, ramai disambangi pelancong domestik, terkadang juga turis mancanegara. Mungkin mereka penasaran dengan keindahan air terjun tersembunyi di Sungai Oyo itu.

Air Terjun Sri Gethuk tersembunyi di Taman Bumi Gunung Sewu, lebih tepatnya berada di Sungai Oyo. Air terjun ini tingginya puluhan meter, sekitarnya tebing-tebing bukit yang menjulang tinggi di sepanjang aliran Sungai Oyo. Banyak dijumpai pohon-pohon hijau, udara sejuk dapat Anda dirasakan. Viewnya sesuai ekspektasi. Terus suasananya pun tenang, tak sedikit mereka pengunjung memanfaatkan sebagai tempat refreshing.

Ini menegaskan bahwa di sepanjang Sungai Oyo itu terdapat keindahan alam yang tersembunyi. Mungkin salah satunya Sri Gethuk ini, air terjunnya mempunyai keelokan tidak ada duanya. Barangkali inilah surga tersembunyi di Gunungkidul, membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona. View Air Terjun Sri Gethuk mengagumkan, natural selaras dengan harmoni alam. Eksplorlah lebih jauh, ada apa saja disana dan temukan spot instagramable unik.

Secara alami ngarai perbukitan dan hijaunya pepohonan menghiasi area sekitar wisata air terjun, seakan seperti taman surga. Udaranya sejuk menyegarkan. Suasana tempatnya enak banget buat melepas penat, sambil santai memandangi spot menarik alam terbuka yang ada memanjakan pandangan. Yang menjadi daya tarik favorit para traveler adalah foto dengan latar pemandangan air terjun Sri Gethuk, bahkan ngevlog dan selife ria.

Dikarenakan spot alamnya bagus, terkadang ada yang photo prewedding dan dijadikan studio alam terbuka untuk lokasi shooting film. Lengkap banget, beragam tema mulai dari nuansa romantis sampai adventure pun mudah Anda temukan di Air Terjun Sri Gethuk. Tidak hanya diperuntukkan kalangan traveler milenial yang berjiwa muda, tetapi juga cocok untuk liburan keluarga.

Selain itu, terdapat kebun buah Sri Gethuk, dan ada pilihan atraksi liburan seru yang bisa dilakukan diantaranya trekking, jelajah naik perahu kapal layaknya petualangan, cliff jumping, canyoning menuruni air terjun menggunakan tali, flying fox atau mencoba serunya tubing/rafting di sungai Oyo. Itulah wisata minat khusus yang tersedia, bikin andrenalinmu meningkat.

Tertarik, travelling kesini yuk!