Taman Sari Yogyakarta, Istana Air Kraton Jogja

Ini dia wisata sejarah di Jogja yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Sari. Lokasinya di kawasan Keraton Yogyakarta. Sebuah taman indah yang menyajikan istana air . sebuah taman indah yang dijadikan lokasi rekreasi bagi Sultan dan kerabatnya.

Bingung mesti harus pergi kemana lagi? Jika Anda senang wisata sejarah, bagaimana kalau traveling ke Jogja. Nah, disana terdapat banyak dijumpai destinasi yang bertemakan historis. Salah satunya Taman Sari Yogyakarta, bisa menjadi pilihan tujuan untuk mengisi waktu liburan. Arsitektur bangunannya mengesankan, viewnya pun sangat instagenik.

Letak Taman Sari di Jl. Tamanan, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Berada di sebelah barat kawasan Kraton Yogyakarta, dekat Pasar Ngasem dan Alun-alun Kidul. Sedangkan akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan bisa ditempuh dengan transportasi bus/mobil/motor. Datangnya jangan sendirian, ajaklah kawan agar semakin meriah

Termasuk wisata sejarah di Jogja Kota. Biasanya yang berkunjung ke Museum Kraton juga sekalian mengunjungi Taman Sari. Indahnya banget bangunan heritage ini, pesonanya mengingatkan pada Pesanggrahan Rejawinangun dan Keraton Kota Gedhe. Ramai pengunjung terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan. Banyak traveler yang penasaran, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara.

Dalam sejarah, awalnya taman ini dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I (HB I) sekitar abad 17 pertengahan Masehi (1758 M). Desain arsitektur Jawa klasik. Luas area sekitar 10 hektar, terdiri dari 57 bangunan diantaranya gedung, kolam pemandian, jempatan gantung, kanal air, danau buatan ditengahnya pulau buatan, lorong bawah air, gerbang dan lain sebagainya. Dulunya dijadikan tempat rekreasi bagi Sultan dan kerabatnya.

Dikarenakan memiliki nilai sejarah dan arsitekturnya indah, banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Sari. Disamping mencermati historisnya, mereka juga antusias ingin mengetahui cagar budaya itu lebih dekat seperti kolam pemandian Umbul Binangun, Sumur Gumuling, Gedhong Gapura Hageng, Pulo Kenongo, Gapura dan banyak lagi. Ada bangunan yang masih utuh, sebagian lainnya tinggal puing-puingnya saja.

Gedhong Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama Taman Sari. Berarsitektur cantik, terlihat megah. Gerbang kebun kerajaan ini berhiaskan relief burung dan bunga-bungaan, serta terdapat beberapa ruang. Umbul Binangun (Umbul Winangun) ialah kolam pemandian Sultan, permaisuri, para istri, dan para putri raja. Inilah spot foto instagramable yang paling populer diincar traveler.

Sumur Gumuling sebagai tempat Sultan bermeditasi dan ritual. Bangunan arsitekturnya unik, melingkar berundak tingkat. Benar-benar misterius. Untuk sampai ditempat tersebut Kalian harus melalui terowongan. Rasakan bagaimana serunya melewati lorong. Situs Pulo Kenongo atau Gedhong Kenongo merupakan gedung terbesar yang memiliki beberapa ruangan dengan fungsi berbeda, pada jaman dulu gedung ini dari jauh seperti mengambang diatas air.

Kebun keraton ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir jika kraton diserang oleh musuh. Taman Sari juga dijuluki sebagai istana air, karena jaman dulu bangunannya seperti mengambang dipermukaan tanah. Dulu terdapat jembatan gantung sekaligus dengan dermaganya, ada danau buatan dibagian tengahnya terdapat pulau buatan, terus dipulaunya itu terdapat bangunan gedung menjulang tinggi sebagai menara kota.

Tertarik. Kapan Kamu jalan-jalan kesini?