Home » Traveling » Taman Sari Yogyakarta, Istana Air Kraton Jogja

Taman Sari Yogyakarta, Istana Air Kraton Jogja


Bangunan bersejarah di Jogja salah satunya komplek Taman Sari, lokasinya di kawasan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sebuah taman indah yang dijadikan lokasi rekreasi bagi Sultan dan kerabatnya.

Letak Taman Sari tepatnya di bagian barat kawasan Keraton Yogyakarta, sekitaran daerah Ngasem atau sebelah tenggaranya wilayah Kadipaten. Dari jalan-jalan ke Museum Keraton, Anda dapat langsung melanjutkan kunjungan ke Taman Sari. Oh iya, jangan sampai lupa juga mampir ke Alun-alun Kidul sekalian bermain Masangin, seru lho.

Dalam sejarah, awalnya taman ini dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I (BH I) sekitar abad 17 pertengahan Masehi. Memiliki luas area sekitar 10 hektare, terdiri dari 57 bangunan diantaranya gedung, kolam pemandian, jempatan gantung, kanal air, danau buatan ditengahnya pulau buatan, lorong bawah air, gerbang dan lain sebagainya. Sebagian bangunannya masih utuh terawat

Tempat bersejarah ini arsitekurnya megah mengagumkan. Mulai dari kolam pemandian Umbul Binangun, Sumur Gumuling, Gedhong Gapura Hageng, Pulo Kenongo dan banyak lagi. Itu yang paling populer disambangi wisatawan saat berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta ini. Ada bangunan yang masih utuh, ada sebagian lainnya tinggal puing-puingnya saja.

Sumur Gumuling, katanya sebagai tempat Sultan bermeditasi, serta ritual. Untuk sampai ditempat tersebut harus melalui terowongan. Gedhong Gapura Hageng merupakan pintu gerbang utama Taman Sari. Gerbang kebun kerajaan ini berhiaskan relief burung dan bunga-bungaan, serta terdapat beberapa ruang. Umbul Binangun (Umbul Winangun) ialah kolam pemandian Sultan, permaisuri, para istri, serta para putri raja. Pulo Kenongo atau Gedhong Kenongo merupakan gedung terbesar yang mmemiliki beberapa ruangan dengan fungsi berbeda, gedung ini dari jauh seperti mengambang diatas air.

Kebun keraton ini konon juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terakhir jika kraton diserang oleh musuh. Taman Sari juga dijuluki sebagai istana air, karena jaman dulu bangunannya seperti mengambang dipermukaan tanah. Dulu terdapat jembatan gantung sekaligus dengan dermaganya, ada danau buatan dibagian tengahnya terdapat pulau buatan, terus dipulaunya itu terdapat bangunan gedung menjulang tinggi sebagai menara kota.

Tertarik, bisa langsung berkunjung ke komplek Taman Sari Yogyakarta, menyaksikan dari dekat istana air Kraton Jogja. Yang suka sejarah budaya mesti pergi liburan kesini.