Home » Traveling » Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul, Spot Tematik Menarik Asyik Untuk Berfoto dan Refreshing

Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul, Spot Tematik Menarik Asyik Untuk Berfoto dan Refreshing


Mana lagi tempat unik di Jogja yang mempunyai spot tematik menarik buat berfoto-foto, enak dijadikan refreshing dan pemandangan alamnya bagus. Tidak lain ya Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul. Destinasi unggulan dari desa wisata Dlingo ini lokasinya dekat Kebun Buah Mangunan dan tak jauh dari Puncak Becici.

Tak perlu bingung akan kehabisan ide traveling kalau liburan ke Jogja, obyek wisata mana yang harus dikunjungi. Karena disana banyak pilihannya, selalu saja ada tempat wisata yang baru hingga termasuk destinasi unik. Jika Bantul sebagai daerah tujuan wisatamu, kamu bisa mengunjungi lokasi unik dengan spot pemandangan menarik, salah satunya Hutan Minus Mangunan.

Sedangkan letak Hutan Pinus Mangunan itu tepat ada di Desa Dlingo, Kecamatan Mangunan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Rute jalan menuju lokasi mudah, dari Kota Yogyakarta langsung saja meluncur ke Jalan Imogiri, terus ikuti tulisan papan petunjuk lalu lintas di jalan hingga sampai tujuan. Ingin lebih meyakinkan bisa bertanya atau jika perlu lihat peta map wisata. Itu mungkin sangat membantu.

Hutan Pinus Mangunan ini populer juga disebut Hutan Pinus Dlingo, sebab letaknya di desa Dlingo. Kemudian dikarenakan lokasinya dekat wilayah Imigori, sebagian orang menyebutnya Hutan Pinus Imogiri. Sebetulnya Hutan Pinus Mangunan ini bukanlah objek wisata ataupun tempat rekreasi pada umumnya, melainkan hutan lindung alias cagar alam, yang sebagian kecil dijadikan kawasan wisata.

Untuk menambah wawasan saja. Jika daerah Kulonprogo punyai Hutan Pinus Girimulyo, sedangkan wilayah Bantul memiliki Hutan Pinus Mangunan. Yang disebutkan tadi itu hutan pinus yang ada di Jogja. Jadi ingat yang di wilayah lain juga, Banyuwangi punya Hutan Pinus Songgon, kalau Hutan Pinus di Bali namanya apa ya.

Banyak yang tertarik datang kesana, mungkin saja hutan pinus itu tempatnya menarik terus mempunyai spot pemandangan alam unik. Apalagi setelah diberi tambahan sentuhan dekorasi cantik alamnya, kini semakin ramai saja dikunjungi wisatawan. Oh iya, ini tanpa mengurangi sedikit pun fungsi dari cagar alam hutan lindung itu sendiri sebagai jantung udara, menyimpan air, tempat konservasi flora dan fauna.

Tahu tidak, Hutan Pinus Mangunan ini merupakan salah satu objek wisata yang lagi hits di Jogja. Hutan Pinus di Jogja ini juga syarat akan destinasi menarik kekinian lho, seperti yang disebutkan tadi diatas. Beberapa spot alamnya sangat mendukung buat ajang fotografi ataupun foto selfie. Yang jelas tempatnya unik, apalagi dengan ditambahi beragam dekorasi tematik yang disebutkan dibawah ini malahan mempercantik alamnya.

Dekorasi tambahan itu diantaranya gerbang gapura yang didekorasi cantik menawan, ada panggung terbuka dari kayu mungkin buat pentas teater, pertunjukan msuik atau kesenian budaya, gazebo, taman bunga, ayunan, hammock (tempat tidur gantung) buat tiduran di pohon, rumah pohon atau gardu pandang untuk melihat indahnya pemandangan alam dari ketinggian. Selain mendukung untuk aktivitas outbond, seringkali Hutan Pinus Mangunan dijadikan lokasi foto prewedding.

Kalau soal pemandangan alam, keindahan hutan pinus di Bantul ini tak perlu diragukan lagi. Pandangan pun akan selalu dimanjakan pepohonan yang hijau, pokoknya bagus buat foto selfie. Udaranya pun sejuk, terus suasananya enak banget dijadikan tempat refreshing. Nyaman dan suasananya tenang banget pas buat melepas penat, bikin pikiran jadi adem.

Jikalau Anda mengunjungi objek wisata tentunya bukan hanya melihat pemandangan saja, tetapi ada sesuatu yang bisa dilakukan. Nah, di Hutan Pinus Jogja ini juga menunjang aktivitas liburan seru, diajak aktif interaksi dengan alam. Semisal camping atau treking ringan, cobain deh tualang menjelajahi Hutan Pinus Mangunan lebih jauh, pasti menemukan keseruan yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Ini mungkin menambah pengalaman travelingmu.

Tahukah kamu? Kalau mendengar cerita masyarakat sekitar, dahulu memang Hutan Pinus Mangunan ini dikenal sebagai jalur yang rawan, ada yang bilang tempat angker, dan tak satupun sendiri yang berani masuk melewati. Itu dulu, tapi sekarang berubah drastis dan beda ceritanya, semenjak populer dikunjungi banyak wisatawan.

Ya, Hutan Pinus Mangunan ini dikenal sebagai unggulan destinasi di desa wisata Dlingo. Selain itu, beberapa objek wisata di sekitar Hutan Pinus Mangunan yang dapat kamu dikunjungi diantaranya Jurang Tembelan yang baru hits, kemudian Kebun Buah Mangunan lokasi yang tepat melihat indahnya lautan kabut dipagi hari atau sunrise, terus menanti sunset eksotis di Puncak Becici.

Namun kebanyakan wisatawan kalau yang berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, lebih memilih berfoto-foto di spot tematik menarik yang mereka sukai dan refreshing menikmati suasana yang ada disana.