Museum Lawang Sewu, Wisata Sejarah di Semarang Kota

Satu lagi obyek wisata sejarah di Semarang yang mesti Anda kunjungi, yakni Museum Lawang Sewu. Dimana bangunan heritage dengan arsitektur unik ini merupakan landmark ikonik Semarang Kota.

Apakah Kamu suka traveling mengunjungi tempat bersejarah? Jika iya, mendingan jalan-jalan ke Kota Semarang saja. Karena disana banyak dijumpai bangunan peninggalan masa lalu, salah satunya Museum Lawang Sewu. Pengunjung yang datang bisa mengetahui bagaimana historisnya, arsitektur gedungnya, dan isi koleksi museumnya. Juga keangkeran tempatnya, misterius bikin penasaran.

Letak Museum Lawang Sewu di Jl. Pemuda, Kelurahan Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dekat dengan Monumen Tugu Muda, Museum Mandala Bakti dan Kampung Pelangi. Akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan dapat ditempuh menggunakan bus/mobil/motor. Bila dari jauh, bisa naik pesawat terbang tujuan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Termasuk destinasi wisata di Semarang unggulan, bahkan populernya sebanding dengan Candi Gedong Songo dan kawasan wisata Bandungan lereng Gunung Ungaran. Indahnya sejarah dan arsitektur bangunan Lawang Sewu mampu memikat hati wisatawan. Yang berkunjung tidak hanya pelancong domestik, namun terkadang turis mancanegara. Ramai pengunjung terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan.

Dibangun pada awal abad 19 Masehi. Jika dicermati gedung Lawang Sewu itu sebuah bangunan kuno peninggalan kolonial. Dahulu fungsi awal untuk kegiatan administrasi perkantoran, kini berubah dijadikan museum. Disukai traveler milenial, pesona unik gedung tua dengan arsitektur klasik tempo dulu, serta banyaknya jumlah pintu dan jendela. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu.

Sebelumnya terbengkalai, terlihat angker. Lawang Sewu sekarang sudah jadi museum sejarah. Lebih bersih dan terawat. Malahan dijadikan landmark ikonik sekaligus wisata sejarah di Semarang Kota. Banyak yang plesiran ingin mengetahui tempat sejarah di Kota Lumpia ini. Baik itu kemegahannya, sejarahnya, koleksinya, hingga penasaran konon tempatnya angker penuh misteri.

Cobalah eksplor Lawang Sewu, temukan spot foto instagramable. Biar tidak bosan, jelajahi ruang gedung satu persatu terdapat atraksi menarik apa saja. Cari tahu bagaimana cerita sejarahnya. Terus cermati arsitektur gedungnya, jika diperhatikan viewnya bagus banget lho. Kemudian melihati koleksi yang ada di museum juga menambah pengalamanmu, diantaranya benda bersejarah, tema kereta api, lukisan, foto, miniatur, diorama, dan lainnya.

Yang diincar kebanyakan wisatawan, diluar maupun didalam bangunan Lawang Sewu spotnya bagus untuk berfoto. Traveler yang punya hobi fotografi dan ngevlog, pasti suka. Terkadang untuk sesi pemotretan foto pre-wedding dan setingan lokasi shooting film. Benar-benar otentik, tepat sekali liburan kesini. Siapapun yang datang, pasti tertarik ingin kembali lagi.