Home » Traveling » Pesona Desa Adat Tomok di Pulau Samosir

Pesona Desa Adat Tomok di Pulau Samosir


Kurang lengkap rasanya kalau liburan ke Danau Toba, belum mengunjungi Desa Adat Tomok di Pulau Samosir. Dimana Kamu dapat menjumpai keindahaan tradisi dan budaya Batak.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir, kebanyakan mereka mendatangi Desa Tomok yang dikenal sebagai Desa Adat Batak. Nah, disana Kalian dapat mengenal kearifan lokal yang ada, paling populer diantaranya rumah adat Batak, Boneka Sigale-gale, dan Kubur Batu (Sarkofagus).

Letak Desa Adat Tomok di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Akses menuju lokasi mudah, awal perjalanan air dimulai dari Dermaga Parapat ataupun Ajibata, kemudian naik kapal tujuan Pelabuhan Tomok. Opsi beda dapat ditempuh dengan transportasi darat melewati jembatan Tano Ponggol.

Umumnya traveler yang datang ke Desa Tomok fokus sama kultur dan historis. Anda akan tahu seperti apa bangunan rumah adat Batak yang disebut Rumah Bolon itu. Yang merupakan salah satu landmark ikonik di Samosir. Rumah tradisional ini dihiasi ornamen unik menyatu bersama kultur Batak yang kaya filosofi.

Berikutnya atraksi budaya yaitu pertunjukkan Patung Sigale-gale yang menari Manortor diiringi instrumen Musik Gondang musik khas Batak, terkadang ada pementasan Tari Tor-tor. Menurut cerita, pada jaman dulu pagelaran Sigale-gale digelar untuk mengobati rasa rindunya Raja Rahat kepada anaknya Pangeran Manggale yang telah gugur.

Pelancong juga bisa mengetahui situs peninggalan kebudayaan megalitikum yakni Sarkofagus (Kubur Batu). Diketahui di Desa Tomok terdapat makam Raja Sidabudar, serta aliran kepercayaan Parmalim. Ini menunjukkan bahwa penghuni kuno Pulau Samosir sudah mengenal peradaban yang berkaitan dengan ritual.

Terus kemana lagi? Disamping itu jangan sampai lupa menengok Batu Duduk di Huta Siallagan dan melihat koleksi yang ada di Museum Batak. Sedangkan di Pasar Tomok, Anda dapat wisata belanja membeli kerajinan khas Batak seperti Kain Ulos, baju motif Batak, Piso Surit maupun Patung Kayu.

Jika senang wisata budaya, mesti pergi kesini.