4 Wisata Alam di Dieng

Ada banyak wisata alam di Dieng yang asyik dikunjungi. Bukan hanya menawarkan pemandangan saja yang indah, tetapi juga atraksi seru. Semuanya bagus, destinasi di Wonosobo dan Banjarnegara. Apa sajakah itu?

Bila Anda senang rekreasi mengunjungi tempat wisata bernuansa nature. Tak ada salahnya untuk mencoba pergi liburan ke Dieng. Nah, di daerah berjuluk bumi khayangan ini banyak dijumpai wisata alam menarik sekaligus unik. Dari yang populer hingga yang anti-mainstream. Yang jelas menjanjikan indahnya pemandangan alam dan keseruan atraksi yang dapat dilakukan.

Berikut 4 Wisata Alam di Dieng Yang Direkomendasikan:

1. Gunung Prau (Wonosobo)
Jika Kamu suka mendaki gunung, cobalah pergi petualangan hiking ke Gunung Prau. Keindahan alamnya sangat mempesona, seperti sunrise, sabana dan ikonik sama landscape pegunungan. Sebelum memulai trekking, awali persiapan terlebih dahulu di Basecamp. Kemudian dilanjutkan perjalanan menantang itu hingga akhirnya sampai tujuan. Barulah Kalian akan menjumpai spot foto instagramable. Rasakan juga bagaimana serunya camping.

2. Kawah Sikidang (Banjarnegara)
Awal mulanya digambarkan dalam sebuah legenda Dewi Shinta dan Raja Kidang Garungan. Sang Raja terpikat kecantikan Sang Dewi. Agar cintanya diterima, harus menyanggupi persyaratan yang ditentukan. Sedangkan pesona Kawah Sikidang menjadi daya tarik wisatawan. Kawahnya terkadang meletup-letup kecil, airnya tampak mendidih dan asap belerang keluar. Viewnya serasa di negeri diatas awan, kabut pun terkadang menampakkan diri bersama hawa dingin. Seakan tempatnya bermisteri.

3. Lubang Sewu (Wonosobo)
Untuk yang satu ini bertema ekowisata. Sekumpulan formasi batuan unik keping bulat tersusun rapi, terbentuk secara alami. Lubang Sewu hanya bisa disaksikan waktu tertentu, ketika Waduk Wadaslintang surut airnya. Sebaiknya traveling kesini musim kemarau, jikalau musim hujan atau wet season kemungkinan tak terlihat. Opsi lain, sama bagusnya menjumpai spot menarik Waduk Wadaslintang. Jalan-jalan eksplorlah, temukan keseruan lainnya.

4. Telaga Warna Dieng (Wonosobo)
Tentu saja wisata alam di Dieng yang paling legendaris, tidak lain adalah Telaga Warna. Bertipe danau vulkanik, air telaganya berwarna hijau tosca eksotis namun terkadang berubah warnanya. Lokasinya berdampingan dengan Telaga Pengilon. Bila ingin melihat Telaga Warna Dieng dari tempat ketinggian, pilihan terbaik naiklah ke puncak bukit Batu Pandang Ratapan Angin. Anda mesti trekking ringan, baru setelah sampai Kalian akan dimanjakan panorama alam cantik.