Home » Ide Jalan-jalan » 2 Wisata Sejarah di Dieng

2 Wisata Sejarah di Dieng


Jika Anda tertarik historis dan bangunan cagar budaya, mestinya liburan menyapa candi di kawasan wisata Dieng. Berikut obyek wisata sejarah di Dieng itu.

1. Candi Dieng
Komplek candi yang berlokasi dilereng pegunungan Dieng, Wonosobo dan Banjarnegara. Diperkirakan dibangun akhir abad 7 Masehi, dalam beberapa tahap pada periode Wangsa Sanjaya. Candi Hindu ini menempati area yang luas di dataran tinggi, 2000 meter diatas permukaan laut. Lokasinya berdekatan antara candi satu dengan lainnya. Terdapat 4 candi berkelompok, penamanya sama dengan tokoh wayang Mahabarata.

– Candi Arjuna
Kelompok candi ini diantaranya Candi Arjuna, Srikandi, Sembadra, Puntadewa, dan Semar. Bangunannya dihiasi dengan pahatan kalamakara, arca, sepasang kepala naga dengan mulut menganga, yoni, jaladwara (aliran air), dan sekitarnya didapati dua buah batu berbentuk tempayan. Candi Arjuna letaknya berhapadan dengan Candi Semar. Nah, disinilah biasanya tradisi ritual ruwatan digelar, Dieng Culture Festival.

– Candi Dwarawati
Terdiri dari Candi Dwarawati, Candi Abiyasa, Pandu, dan Margasari. Dihalaman depan candi terdapat susunan batu yang mirip sebuah yoni dan lingga.

– Candi Gatotkaca
Meliputi Candi Gathotkaca, Setyaki, Nakula, Sadewa, Petruk dan Gareng. Namun yang terlihat utuh hanya Candi Gatutkaca saja, lainnya belum tersusun.

– Candi Bima
Terletak terpisah menyendiri diatas bukit dari Candi Arjuna dan merupakan bangunan candi terbesar diantara kumpulan Candi Dieng. Arsitekturnya paling unik.

2. Situs Liyangan
Situs arkeologi yang keberadaannya di daerah Temanggung, sekitar kawasan dataran tinggi Dieng. Candi Liyangan bercorak Hindu ini merupakan peninggalan kebudayaan Kerajaan Mataram Kuno dan dibangun pada abad 8 Masehi. Disana ditemukan beberapa bangunan candi dan artefak seperti yoni, altar, lingga, benteng, tombak dan lain-lain. Pergilah traveling kesini, bila penasaran sama peradaban masa lalu yang masih menjadi misteri.