3 Wisata Mangrove Yogyakarta

Kehabisan ide jalan-jalan, destinasi mana yang akan dituju. Jangan bingung dan khawatir, sesekali cobalah menyambangi wisata mangrove di Yogyakarta, mencermati pesona hutan bakau Pantai Selatan Jawa. Apa sajakah itu?

Sekarang ini tema wisata alam berbasis ekologi semakin trending diminati kalangan traveler milenial. Bagaimana kalau liburan ke Jogja, cobalah mengunjungi sejumlah wisata mangrove di Yogyakarta. Mengapa dipilih, mungkin karena destinasinya lebih nature, syarat akan spot instagramable dan ada pesan inspiratif mengedukasi kita semua akan pentingnya menanam pohon bakau di pesisir pantai.

Berikut 3 Wisata Mangrove di Yogyakarta Yang Direkomendasikan:

1. Hutan Mangrove Wanatirta Pasir Mendit (Kulonprogo)
Trend wisata ekologi semakin digemari traveler. Itu menunjukkan bahwa mereka lebih memilih dekat dengan alam. Salah satunya keindahan Mangrove Wanatirta Pasir Mendit di Kulonprogo ini yang semakin dikenal khalayak. Cukup ramai pengunjung terutama pada musim liburan dan akhir pekan maupun musim libur. Meskipun sedikit anti-mainstream, namun keelokan hutan tumbuhan bakau ini menjanjikan.

2. Ekowisata Mangrove Baros (Bantul)
Letaknya di muara Sungai Opak, tepatnya di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Alas pepohonan bakau ini berada diatas rawa air payau garis pantai, fungsinya mencegah abrasi kawasan pesisir. Pengunjung yang datang pun bisa mempelajari ekosistem laut. Selain itu, juga dapat menikmati suasana rimba mangrove ala petualang dan berjumpa view instagenik unik, bahkan menjelajah menggunakan perahu.

3. Wisata Mangrove Pasir Kadilangu (Kulonprogo)
Inilah obyek wisata mangrove di Jogja yang paling terkenal. Karena kawasan konservasi, tentunya tidak luput menyuguhkan wahana edukasi tentang manfaat menanam pohon bakau untuk mencegah abrasi pantai. Disamping itu, memiliki pemandangan indah hutan bakau dan ada spot foto instagramable menarik diantara jembatan cinta, menara tinggi, anjungan gardu pandang dan beragam taman dekorasi artistik lainnya. Ingin lebih seru lagi, pilih jalan kaki ala adventure atau naik perahu mengeksplor hutan bakau.