Home » Traveling » Gedong Songo, Sembilan Candi di Lereng Gunung Ungaran

Gedong Songo, Sembilan Candi di Lereng Gunung Ungaran


Tertarik wisata sejarah, mesti plesiran ke daerah Bandungan Semarang. Mengunjungi Candi Gedong Songo, lokasinya tersembunyi di lereng Gunung Ungaran.

Letak Candi Gedong Songo di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada tidak jauh sama tempat rekreasi lain seperti air terjun, kebun teh, goa, dan pemandian air panas belerang.

Pertama kali diungkapkan oleh Thomas Raffles berjumlah tujuh, disebut Gedong Pitu. Kemudian ditemukan lagi dua, jumlahnya menjadi sembilan candi dinamakan Gedong Songo. Diperkirakan, dibangun pada periode Kerajaan Mataram Medang sekitar abad 9 Masehi. Bercorak Candi Hindu, gaya struktur arsitekturnya serupa dengan Candi Dieng.

Komplek Candi Gedong Songo menempati lahan yang luas, 9 candi itu tersebar di perbukitan. Terdiri atas beberapa kelompok bangunan candi yang lokasinya berbeda tempat, namun masih dalam satu kawasan cagar budaya. Ini menunjukkan bahwa di lereng Pegunungan Ungaran terdapat peradaban masa lalu dengan historis dan kultur indah.

Juga dikenal sebagai salah satu unggulan destinasi sejarah di kawasan wisata Bandungan. Ingin menyapa semua sembilan Candi Gedong Songo, silahkan. Dua pilihan, jalan kaki trekking atau naik kuda. Selain itu, spot pemandangan alamnya bagus, udaranya sejuk, terdapat taman cantik, atraksi menarik dan suasananya tenang cocok buat refreshing.

Itulah sembilan candi di lereng Gunung Ungaran. Liburan ke tempat bersejarah, memang memiliki kesan tersendiri.

Kesini yuk.