Home » Ide Jalan-jalan » 10 Kerajinan Khas Jogja

10 Kerajinan Khas Jogja


Jika liburan ke Yogyakarta. Setelah puas mengunjungi destinasi, terus menikmati kuliner, terakhir sebelum pulang traveling adalah membeli kerajinan khas Jogja yang unik.

Wisata belanja di Jogja juga merupakan pengalaman menarik. Banyak perhiasan, souvenir dan handicraft yang bagus dapat Anda bawa dari Jogja untuk dikenakan sendiri, buat cinderamata atau mempercantik dekorasi rumah. Bila tidak sempat mengunjungi sentra kerajinan, cukup beli di sepanjang Jalan Malioboro saja ataupun di Pasar Tradisional Beringharjo. Pilihannya beragam, terjangkau lagi.

Berikut daftar kerajinan khas Jogja yang direkomendasikan untuk dibeli:

1. Batik
Fashion batik Jogja mulai motif klasik hingga model terbaru dapat dengan mudah Anda peroleh di kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Sedangkan sentra batik tulis khas Keraton Yogyakarta terbesar di Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Pengunjung bisa melihat proses pembuatannya, termasuk belajar bagaimana cara membatik. Dimana desa wisata ini fokus pada wahana edukasi kultural, mengenalkan batik kepada wisatawan.

2. Kerajinan Perak Kota Gedhe
Daerah Kotagede lokasinya ditenggara Kota Yogya. Ikonik sama bangunan Keraton Mataram, juga sentra kerajinan perak. Nah, kalian dapat menjumpai apa yang dilakukan pengrajin perak saat membuat souvenir cinderamata sampai hiasan rumah. Seperti perhiasan cincin, kalung, miniatur andong, tugu, prambanan, borobudur, lainnya. Cocok dipakai sendiri, diberikan kepada orang lain sebagai hadiah ataupun kenang-kenangan.

3. Wayang Kulit
Atraksi kultural heritage Jawa, pertunjukkan Wayang Kulit memang mengagumkan. Namun kerajinan wayang seringkali diincar pelancong sebagai souvenir. Paling diminati tokoh figur Mahabarata dan Ramayana seperti Arjuna, Srikandi, Bima, Gathotkaca, Werkudara, Rama, Shinta, Anoman, serta banyak lagi. Baik dikoleksi maupun sebagai hiasan dinding.

4. Keris
Keris senjata tradisional Jawa, barangkali Anda sering melihatnya di upacara adat, pernikahan tradisi Jawa. Keris pusaka populer dikalangan bangsawan serta petinggi. Dibuat oleh para empu, secara turun menurun. Selain fungsi pusaka, sebagian sebagai hiasan atau aksesoris. Sedangkan tempat pembuatan keris di Jogja paling terkenal di Dusun Banyusumurup, Desa Girirejo, wilayah Imogiri.

5. Kayu Batik Krebet
Membatik tidak hanya di kain, juga bisa dibatikkan ke kayu. Batik Kayu Krebet merupakan kerajinan yang berasal dari desa wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan. Kayu batik Jogja motif dan bentuknya unik. Diantaranya model furniture interior rumah, hiasan dinding, pernak-pernik aksesoris. Handicraft ini diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga ataupun kamar pribadi. Sesuaikan bentuk besarnya kerajinan yang akan anda ditaruh.

6. Blangkon, Sorjan, Jarik
Pakaian adat Jawa ini sangat menarik, ciri khas tradisional. Blangkon sendiri penutup kepala khas Jogja, Sorjan baju panjang bermotif garis vertikal warna coklat, biru dan lainnya. Batik Jarik motif jenisnya bermacam-macam. Busana adat tradisional Jawa tersebut biasanya dipakai pada acara adat. Juga festival budaya dan pada hari tertentu dikenakan oleh pelajar dan pegawai.

7. Lukisan
Lukisan khas jogja banyak dicari orang, mulai dari penikmat lukisan hingga diincar traveler. Baik lukisan abstrak sampai realis sama menariknya, mempunyai nilai seni istimewa. Bahkan lukisan Jogja sudah sangat terkenal mendunia. Ada yang rela jauh-jauh dari wilayah ataupun negara lain datang ke Jogja hanya ingin mendapatkan lukisan yang diimpikan.

8. Gamelan
Alat musik dari Jawa disebut Gamelan. Gamelan merupakan instrumen alat musik perannya sangat penting dalam sebuah pagelaran wayang, karawitan hingga ketoprak. Sentra Kerajinan Gamelan Jogja di Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogkarta. Memang dari segi harga fantastis, tergantung mutu bahan kualitas. Itu untuk satu paket perangkat gamelan.

9. Kerajinan Kulit Manding
Suka fashion berbahan kulit, pergilah ke desa wisata Manding. Letaknya di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Desa Manding, Sabdodadi, Bantul. Jalan Parangtritis KM 11, bila menuju Pantai Parangtritis pasti akan menjumpai. Di sentra kerajinan kulit Manding, yang berkunjung bisa menengok proses pembuatan dan menemukan bermacam kerajinan yang terbuat dari kulit asli. Diantaranya tas, jaket, sepatu, ikat pinggang, dompet, topi hingga pernah-pernik. Mutu berkualitas, harganya pun terjangkau.

10. Gerabah Kasongan
Kerajinan gerabah berasal desa wisata Kasongan, Jalan Bantul. Disana kalian dapat menjumpai beraneka macam tembikar dan gerabah seperti guci, patung maupun lainnya, handicraft asli Jogja ini diburu para wisatawan untuk souvenir. Juga tersohor didunia, kerajinan gerabah Kasongan di eksport ke luar negeri. Benda yang satu ini lebih harmoni jika ditaruh di dalam ruangan tamu, teras, kondisikan dengan bentuk, warna dan ukuran agar lebih indah.

Tak hanya sebatas didaftar ini saja, sebenarnya masih banyak kerajinan khas Jogja yang bisa Anda temukan.