Pesona Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

Obyek wisata alam di Bandung yang satu ini harus Anda kunjungi, tidak lain adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura). Destinasi ini menyuguhkan indahnya hutan konservasi diikuti spot atraksi menarik.

taman hutan raya ir. h. djuanda
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Photo by Afriana Ajeng

Bingung mau jalan-jalan kemana lagi di hari libur. Bila Kamu senang akan destinasi bertajuk nature, sesekali cobalah pergi traveling ke Bandung. Nah, tahu tidak? Disana itu ada banyak banget pilihan obyek wisata alam bagus yang bisa Kalian sambangi, salah satunya Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tak perlu diragukan lagi, tempatnya menjanjikan.

Letak Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sedangkan aksesibilitas jalan menuju lokasi cukuplah mudah, bisa dicapai dengan transportasi bus/mobil/motor. Jangan sendirian datangnya, sebaiknya berombongan bersama teman atau keluarga biar lebih meriah.

Ini salah satu obyek wisata alam di Bandung unggulan. Boleh dikatakan pesona Taman Hutan Raya Djuanda itu tidak mudah dilupakan, disamping menawarkan cantiknya pemandangan alam juga ada keseruan atraksi yang bisa dilakukan. Selalu menjadi incaran oleh para wisatawan. Ramai disambangi traveler ketika musim liburan dan hari raya, termasuk akhir pekan juga.

Dalam sejarahnya, nama Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini dulunya bernama Hutan Lindung Pulosari dengan luas 590 hektar. Pertama kali tahun 1912 di rintis pada masa Pemerintahan Hindia Belanda. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1960 Gubernur Jawa Barat Mashudi menggagas Taman Hutan dan Kebun Raya. Kemudian pada tanggal 23 Agustus 1965 diresmikan oleh Gubernur Mashudi dan diberi nama menjadi Kebun Raya Rekreasi Ir. H. Djuanda, untuk mengenang jasa-jasanya.

taman hutan raya ir. h. djuanda bandung
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Photo by Rita Rahmawati

Lalu pada tanggal 6 Agustus 1980 Hutan Gunung Pulosari ini ditetapkan sebagai taman wisata, bernama Taman Wisata Curug Dago. Selanjutnya pada tahun 1985, Mashudi dan Ismail Saleh dan Soedjarwo Menteri Kehutanan mengusulkan status Taman Wisata Curug Dago diubah menjadi Taman Hutan Raya. Akhirnya pada tanggal 14 Januari 1985 diresmikan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Terlihat seperti sekarang ini.

Pemandangan alam di Taman Hutan Raya Djuanda indah, banyak spot foto instagramable di setiap sudutnya. Hijaunya pepohonan menyejukkan pandangan dan udaranya pun segar, serta ditambaha suasananya yang tenang penuh keheningan. Tempat yang demikian asyik untuk refreshing melepas kepenatan, santai sejenak dari kesibukan aktivitas harian. Ada juga satwa yang dapat Kamu jumpai.

Oh ya, juga ada atraksi seru di Taman Hutan Raya Djuanda yang bisa dilakukan seperti trekking atau menjelajah berpetualang jalan kaki, berkemah camping, dan lain sebagainya. Jangan hanya pasif, coba deh eksplor sekitar temukan spot atraksi menarik seperti Gua Belanda, Gua Jepang, Tebing Keraton, Curug Omas, Curug Dago dan banyak lagi yang bisa ditemukan kalau Anda jelajah lebih jauh.