Saung Angklung Udjo Bandung, Wisata Budaya Sekaligus Edukasi

Satu rekomendasi wisata budaya di Bandung yang wajib Anda kunjungi yaitu Saung Angklung Udjo. Destinasi ini menyuguhkan indahnya kesenian dan kebudayaan tradisional Sunda yang legendaris.

saung angklung udjo
Saung Angklung Udjo. Photo by Fera Fernawati

Aktivitas paling asyik ketika hari libur adalah jalan-jalan, tetapi bingung mau pergi kemana? Jika Anda senang akan destinasi bertemakan kultur, bagaimana kalau traveling ke Bandung. Nah, disana itu ada rekomendasi wisata budaya yang seru untuk dikunjungi, yaitu Saung Angklung Udjo. Yang jelas menjanjikan, karena tempatnya otentik banget.

Letak Saung Angklung Udjo di Jl. Padasuka No.118, Kelurahan Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Sedangkan akses jalan menuju lokasi cukuplah gampang, bisa dicapai menggunakan transportasi motor/mobil/bus. Akan lebih meriah kalau rombongan bersama keluarga/teman/komunitas, jangan sendirian datangnya.

Ini termasuk salah satu obyek wisata budaya di Bandung paling terkenal. Pesona Saung Angklung Udjo memang tidak ada duanya, menjadi incaran banyak wisatawan mulai dari pelancong domestik hingga turis mancanegara. Paling diincar pertunjukan seni angklung, termasuk penasaran dengan alat musik angklung itu seperti apa dan benda-benda budaya khas Sunda yang dipamerkan.

Perlu diketahui alat musik Angklung merupakan alat musik tradisional khas Sunda. Dalam sejarahnya, pada tahun 1966 Saung Angklung Udjo didirikan oleh Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati. Pada awal berdirinya, sanggar Angklung ini digunakan untuk tempat pelatihan dan belajar angklung oleh anak-anak disekitarnya. Kemudian seiring berjalannya waktu telah dikenal luas, sehingga pada tahun 1971 ditunjuk sebagai obyek wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung waktu itu.

saung angklung udjo bandung
Saung Angklung Udjo Bandung. Photo by Reyhan Farm

Semakin berkembang pesat hingga akhirnya seperti sekarang ini. Jadwal pertunjukan reguler di Saung Angklung Udjo pun digelar beberapa kali setiap hari pada saat pagi, siang, sore, dan malam. Pertunjukan apa saja yang dipentaskan di Saung Angklung Udjo diantaranya ada pertunjukan Angklung, seni tari tradisional, Wayang Golek, dan Upacara Helaran.

Siapa saja yang menyaksikan pertunjukan Angklung di Saung Angklung Udjo akan terpesona, musik yang dimainkan pun beraneka ragam mulai dari lagu tradisional hingga lagu modern semua dimainkan dengan unik dengan angklung. Mulai dari lagu tradisional hingga lagu pop modern. Juga dipentaskan jenis Angklung Pemula, Angklung Orkestra, Angklung Masal hingga Angklung Arumba.

Yang istimewa saat berkunjung ke Saung Angklung Udjo, pengunjung yang datang dan menyaksikan langsung pertunjukan Angklung pun diajak untuk memainkan Angklung bersama-sama. Dengan dibimbing dan diajari langsung praktek memainkan Angklung memberikan sensasi tersendiri, rasakan bagaimana serunya. Pasti Anda bisa. Atraksi kultural ini edukatif sekali, memberikan pengalaman baru traveling tak terlupakan.