Home » Traveling » Danau Toba Sumatera Utara, Danau Terbesar di Indonesia

Danau Toba Sumatera Utara, Danau Terbesar di Indonesia


Ikon wisata Sumatera Utara terkenal, Danau Toba dan Pulau Samosir. Danau terbesar di dunia mirip lautan ini menyuguhkan keindahan alam serta atraksi budaya khas Batak.

Destinasi utama yang dituju kebanyakan traveler saat liburan ke Sumut, tidak lain objek wisata Danau Toba. Wisata alam di Pulau Sumatera paling ikonik ini pesonanya mampu memikat hati semua wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. View landscape, serunya kegiatan rekreasi yang ada sampai kultur daerah setempat.

Letak Danau Toba di Sumatera Utara. Luasnya mencakup tiga wilayah berbeda diantaranya Parapat (Simalungun), Balige (Toba Samosir), Tongging (Karo). Jika dari jauh tertarik ingin datang kesini, naiklah pesawat turun di Bandara Silangit atau Kualanamu Lubuk Bagam. Setelah perjalanan udara, segera beralih transportasi darat menuju lokasi.

Toba danau paling besar di Indonesia dan Asia Tenggara, bahkan dunia. Luas danau Toba 1.130 km persegi. Panjangnya sekitar 100 kilometer, lebarnya 30 kilometer dan dalamnya 500 meter. Luasnya sepuluh kali lipat Danau Maninjau (99,5 km), Danau Singkarak (107,8 km). Dalam catatan sejarah geologi, diperkirakan Danau Toba merupakan kawah/kaldera hasil letusan gunung api purba. Ditengah danau terdapat pulau vulkanik yang dinamakan Pulau Samosir.

Biasanya tempat istimewa itu memiliki cerita. Legenda Danau Toba sendiri menceritakan seorang petani memancing dan menemukan ikan ajaib yang berubah menjadi puteri jelita. Lalu dipersunting Toba dengan syarat merahasiakan asal usulnya. Singkat ceritanya, sedangkan legenda Pulau Samosir mengisahkan Raja Rahat sama Pangeran Manggalae.

Ingin lebih dekat, rekreasi saja ke Pasir Putih Parbaba. Sementara spot Danau Toba yang populer didatangi pelancong adalah Bukit Simalem, pengunjung akan dimanjakan landscape cantik danau beserta barisan perbukitan. Alternatif lain wisata lagi hits, cobalah pergi ke Bukit Indah Simarjunjung (BIS) banyak spot foto rumah pohon. Begitu juga Pemandangan Tele dan Bukit Gajah Bobok tidak kalah serunya.

Tertarik ingin berkunjung ke Pulau Samosir. Naiklah kapal, sekalian menyapa Batu Gantung. Tempat penyeberangannya dimulai dari Pelabuhan Aji Bata Parapat, tujuannya Pelabuhan Tomok di Samosir. Bila perjalanan darat melalui jembatan Tano Ponggol, melalui Kota Pangururan. Pulau Samosir pulau di tengah Danau Toba. Selain menpunyai keindahan alam, juga kaya akan tradisi khas daerah. Anda bisa mencermati historis dan atraksi kultural di desa adat Batak Huta Siallagan.

Yang berkunjung ke Pulau Samosir bisa menyaksikan pertunjukkan Manortor Tari Tor-tor dan patung Si gale-gale, mengenakan kain Ulos busana adat Batak menari. Itulah atraksi wisata budaya desa adat di Pulau Samosir. Di Huta Siallagan (Kampung Siallagan) wisatawan dapat melihat rumah adat Batak, bangunan megalitikum Batu Duduk Ambarita yang terkenal sebagai situs Raja Siallagan.

Bila berminat lebih jauh menjelajah, juga sambangi peninggalan kuno situs Batu Hobon, konon katanya pijakan raja pertama kali. Di Pantai Pasir Putih nikmati keseruan liburan menyenangkan. Tidak hanya sebatas itu saja, festival Danau Toba pun sudah menjadi agenda tahunan di Sumatera Utara. Digelar meriah perlombaan dayung, tari-tarian tradisional hingga kesenian daerah.

Buat yang suka atraksi liburan seru, kalian di Danau Toba bisa bermain speedboat, berenang, trekking, mountain biking, outbond hingga flying fox. Setelah puas, estafet berikutnya menikmati kuliner khas Batak dan wisata belanja membeli oleh-oleh ataupun souvenir kerajinan khas daerah di Pasar Siallagan seperti kain Ulos, baju motif Batak, patung kayu.

Merasa betah ingin berlama disana, silahkan saja. Akomodasinya menunjang, mulai dari tour travel, restoran, rental mobil, penginapan dan hotel. Yang pasti liburan ke Danau Toba itu menyenangkan.