Pantai Teleng Ria Pacitan, Wisata Pantai Paling Terkenal di Kota Seribu Goa

Dari beberapa wisata pantai di Pacitan yang ada, terbilang semuanya indah. Tak terkecuali Pantai Teleng Ria, pantai legendaris menjadi tujuan destinasi favorit pelancong liburan.

Bingung mau pergi traveling kemana? Mendingan kesini saja. Tidak hanya wisata goa, daerah Pacitan juga dikenal memiliki banyak destinasi pantai indah. Yang terkenal salah satunya adalah Pantai Teleng Ria. Pesona Laut Selatan di Kota Seribu Goa ini memiliki daya pikat khas tersendiri, terutama view panorama pantainya dan atraksi seru yang bisa dilakukan.

Letak Pantai Teleng Ria di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan sekitar 2 km, akses jalan menuju lokasi wisata bisa ditempuh melalui berbagai daerah, baik itu Gunungkidul, Wonogiri, Ponorogo maupun Trenggalek. Tak perlu menunggu kapan datangnya musim libur, buruan bergegas langsung berangkat.

Pantai Teleng Ria merupakan wisata pantai paling terkenal di Pacitan, juga sekaligus satu-satunya yang melegenda. Sedari dulu sudah populer disambangi wisatawan domestik ataupun turis mancanegara. Selalu ramai pengunjung pada saat hari libur nasional dan akhir pekan. Mereka antusias penasaran ingin tahu lebih dekat eloknya pantai Pacitan itu.

Kawasannya sudah dilengkapi sejumlah sarana fasilitas yang menunjang, termasuk akomodasi hotel dan restoran. Diantaranya penginapan serbaguna Bonggo Budoyo, bumi perkemahan, pemancingan, Tempat Pendaratan Ikan (TPI), wahana rekreasi untuk wisata keluarga seperti kolam renang dan arena bermain anak. Terkadang ada hiburan pentas seni musik dan atraksi festival budaya labuhan.

Perlu diketahui keberadaan Pantai Teleng Ria ini tersembunyi di Teluk Pacitan. Traveler yang datang akan dimanjakan pemandangan eksotis Laut Selatan Jawa yang melegenda. Spot ikonik garis pantai memanjang, pasir putih serta deburan ombak mengagumkan. Cobalah eksplorasi sekitar kawasan, jalan kaki menapaki pasir pantai, temukan keseruannya. View unik, pasti diincar untuk selfie ria dan ngevlog.

Sejalan dengan itu, bagi sebagian traveler pilih kegiatan atraktif, jadi tak hanya memandangi lautan saja. Misalnya berenang, berjemur, bermain pasir, layang-layang, bola, mancing ikan, naik perahu, berburu spot foto instagramable, menikmati kuliner, beli kerajinan dan lainnya. Untuk Kamu yang tertarik sejarah dan budaya, coba cari tahu apakah ada cerita legenda folklore Pantai Teleng Ria.

Terus atraksi liburan seru yang dapat dilakukan disana apa? Pilihan tema wisata minat khusus yaitu olahraga volley dan surfing. Disana terdapat lapangan voli pantai, dan terbilang ombaknya bagus untuk selancar. Ini termasuk destinasi lokasi surfing di Pacitan sama halnya Pantai Srau dan Pantai Watu Karung yang terkenal sebagai surga peselancar dunia.

Suasana di tepi pantai memang asyik buat santai refreshing melepas penat. Memandang birunya lautan Samudera Hindia, gelombang ombak, semilir angin sepoi menyejukkan. Oh iya, ingin melihat matahari terbenam, bersabarlah menunggu datangnya senja. Karena sunset Pantai Teleng Ria cantik mempesona. Masih tetap bertahan, melanjutkan camping, waktu petang bisa menatapi langit malam penuh bintang.

Tertarik, travelinglah kesini yuk!