Watu Giring Gunungkidul, Wisata Alam Unik Batu Berundak

Selalu ada saja destinasi baru di Jogja yang menarik dikunjungi, salah satunya Watu Giring. Wisata alam di Gunungkidul ini menampilkan indahnya formasi batu berundak unik mirip bangunan situs purbakala. Lokasinya tersembunyi di kawasan Gunung Sewu Geopark.

Satu lagi destinasi yang tidak boleh Kamu lewatkan ketika traveling ke Jogja, yaitu Watu Giring. Dimana wisata alam di Gunungkidul ini menawarkan pesona uniknya batu berundak yang menyerupai bangunan kuno situs megalitikum. Meskipun sedikit anti-mainstream, yang jelas tempatnya menjanjikan. Jadi tak perlu bingung mencari-cari obyek wisata alternatif.

Letak Watu Giring di Desa Jelok, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berada tersembunyi di Taman Bumi Gunung Sewu, tidak jauh sama Goa Jomblang dan Kalisuci. Akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan dapat ditempuh menggunakan transportasi mobil/motor. Sebaiknya jangan pergi sendirian traveling, ajaklah kawan biar semakin seru.

Termasuk destinasi wisata di Jogja yang menjadi incaran traveler milenial. Temanya serupa dengan Tebing Breksi, sedangkan populernya mengikuti Wisata Alam Kalibiru dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Pada hari libur nasional dan akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu pelancong domestik, maupun turis mancanegara terkadang. Mereka penasaran dengan wisata alam unik tersebut.

Destinasi pilihan di Gunungkidul beragam tema. Bahari, deretan Pantai Indrayanti, Pok Tunggal, Ngobaran. Sedangkan obyek alam Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Nglanggeran, Goa Pindul. Itu yang terkenal, namun ada wisata alternatif baru yang perlu Anda coba sambangi yaitu Watu Giring, boleh dibilang tempat traveling ini menarik. Spot foto instagramabale, struktur unik batuan berundak mempesona cantik.

Sebenarnya dahulu tempat ini merupakan kawasan pneambagnan batu, tampak sisa dari potongan bebatuan berbentuk persegi panjang, malahan terlihat seperti bangunan unik. Namun kini, area bekas tambagn tersebut dikembangkan menjadi tempat rekreasi, karena memiliki arsitektur indah sepintas menyerupai bangunan heritage megalitikum (look like ruin places).

Dulu sepi pengunjung mungkin karena baru, kemudian perlahan mulai dikenali para traveler terus jadi trending. Banyak yang tertarik untuk menyapa. Kalau dicermati sekilas, wisata alam Watu Giring ini hampir mirip bangunan bersejarah megalitikum tapi lebih dekat menyerupai punden berundak, namun bukan seperti piramida maupun candi. Otentik, sesuai ekspetasi.

Tentunya hal tersebut mengejutkan bagi mereka yang pertama kali melihatnya. Formasi bebatuan bertingkat Watu Giring lebih terlihat artistik ada sentuhan unsur seninya. Dimanjakan spot foto bagus nuansa tematik, lokasi bersantai plus pemandangan alam sekitar. Oh ya, didekat kawasan wisata alam Watu Giring ini terdapat sentra kuliner belalang, yang tersohor sebagai makanan khas daerah Gunungkidul.

Tertarik? Mesti plesiran kesini.