Home » Traveling » Grojogan Sewu Kulonprogo, Wisata Alam Air Terjun di Perbukitan Menoreh

Grojogan Sewu Kulonprogo, Wisata Alam Air Terjun di Perbukitan Menoreh


Objek wisata air terjun Grojogan Sewu Kulonprogo ini bisa menjadi pilihan destinasi alternatif baru kalau traveling ke daerah Kulon Progo. Tempat lokasinya tersembunyi di Pegunungan Menoreh sekitaran Hutan Pinus Girimulyo, dekat Goa Kiskendo.

Wilayah Kulonprogo kini semakin dilirik saja oleh para pelancong, banyak yang piknik mengincar sebagai daerah tujuan wisata. Paling terkenal Wisata Alam Kalibiru, Pantai Glagah dan Puncak Suroloyo. Disamping itu, juga mempunyai beberapa objek wisata alternatif menarik lainnya yang dapat dikunjungi. Salah satunya Grojogan Sewu, tentunya pesona keindahan alamnya tidak kalah dengan destinasi unggulan.

Sedangkan untuk letak Grojogan Sewu Kulonprogo itu sendiri ada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Kalau mencermati nama objek wisata ini, memang sebutan namanya sama dengan air terjun yang ada di daerah lain. Perlu diketahui lokasi curug Grojogan Sewu ini tersembunyi di Perbukitan Menoreh kawasan Hutan Pinus Girimulyo, kalau tidak salah tak jauh dari Kedung Pedut, Kembang Soka, Ekowisata Sungai Mudal, Bendungan Khayangan, Goa Sikidang Kencono, Wisata Kuncung Mas, Watu Tompak, Curug Setawing, Wisata Alam Kembang Tebu, serta Tompak View.

Walaupun belum sepopuler Kedung Pedut dan Kembang Soka, tapi keindahan alamnya sama bagusnya, pesonanya mengingatkan pada Air Terjun Sri Gethuk air terjun legendaris di Jogja. Grojogan Sewu Kulon Progo ini air terjunnya masih alami, terus di aliri air jernih dari pegunungan, airnya segar dan dingin, lokasinya berudara sejuk, pemandangan alam sekitarnya terbilang indah, spot istimewa fotografi, dan suasananya hening berbanding terbalik dengan suasana kota. Mungkin tempat rekreasi yang seperti ini, cocok buat melepas penat.

Selain itu, terus apalagi yang menarik dari Curug Grojogan Sewu ini. Tidak lain, spot menarik untuk berfoto, tepat didepan air terjun tersebut ada batu besar. Nah, di atas batu itulah bersiaplah bergaya pasang aksi terbaik saat difoto. Oke banget, foto latar belakang air terjun. Oh iya, ada tamannya juga lho untuk bersantai dengan dekorasi sederhana tapi cantik seperti gazebo, tempat duduk dan lainnya. Bukan hanya sebagai tempat ajang foto jeprat-jepret, disana kalian juga dapat berenang atau canyoning. Jadi aktivitas liburan seru-seruan pun juga bisa dilakukan, asyik bukan?

Jika tertarik, datanglah kesana.