Jalan Malioboro Yogyakarta, Pedestrian Legendaris di Jogja Kota

Liburan ke Jogja, rasanya kurang lengkap kalau belum mengunjungi Jalan Malioboro. Di kawasan pedestrian Malioboro inilah Kamu bisa wisata belanja, nongkrong, menikmati kuliner hingga nostalgia.

Selain Pantai Parangtritis dan Keraton Jogja, destinasi yang mesti Anda kunjungi saat traveling ke Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Dimana jalan paling terkenal di kota pelajar ini menjanjikan sejuta pesona keseruan. Sudah satu paket lengkap mulai dari shopping, kulineran, historis, kultur, kesenian, festival, sampai sesuatu yang tak terduga sebelumnya.

Letak Jalan Malioboro di Kelurahan Suryatmajan/Sosromenduran, Kecamatan Danurejan/Gedongtengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Tepat berada di pusat Kota Jogja, dekat sama Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Pintar. Juga tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi mudah, bisa ditempuh dengan bus/mobil/motor. Bila dari jauh, naiklah pesawat. Jangan pergi sendirian, ajaklah teman biar semakin meriah.

Termasuk obyek wisata di Kota Yogyakarta unggulan. Dikenal sebagai pedestrian legendaris di Kota Jogja. Pesona Jalan Malioboro selalu membuat penasaran. Dari jaman dulu sudah populer menjadi tujuan favorit traveler, baik itu pelancong domestik maupun turis mancanegara. Ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat musim libur nasional dan akhir pekan.

Tidak hanya sebagai jantung kebudayaan Jawa, tetapi juga sebuah daerah dimana banyak dijumpai tempat penuh filosofi. Dalam sejarahnya, Jalan Malioboro selalu dikaitkan dengan filosofi tata ruang dasar kota tua Yogyakarta berporoskan garis lurus imajiner Tugu Yogyakarta (Tugu Golong Gilig), Keraton dan Panggung Krapyak. Garis imajiner tersebut lokasinya diantara Pantai Selatan Jawa (Parangtritis) dan Gunung Merapi.

Seperti yang diutarakan diatas, historisnya juga menarik untuk dicermati. Walaupun sekarang diperbarui lebih modern, nuansa klasik Malioboro tempo dulu masih terlihat. Sarana fasilitas pun semakin lengkap, terus beragam spot artistik menghiasi setiap penjuru sudut. Lebih nyaman dan ramah, jadi pengunjung leluasa menikmati tiap momentum. Otentik, sesuai ekspektasi.

Kalau boleh dibilang ini boulevard nya Jogja. Tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Lalu lalang traveler jalan kaki melintas selalu mewarnai kemeriahan pedestrian Jalan Malioboro, termasuk mereka yang sibuk belanja tawar-menawar, berburu kuliner khas daerah, membeli kerajinan unik, sekedar refreshing nongkrong sampai klangenan nostalgia menikmati suasana yang ada.

Apakah Kamu baru pertama kali jalan-jalan ke Malioboro. Jika iya, cobalah eksplorasi sepanjang Jalan Malioboro, rasakan keseruannya. Banyak spot foto instagramable unik yang dapat Anda temukan, view paling populer diincar traveler itu adalah foto di depan papan lalu lintas yang bertuliskan “Jl. Malioboro”. Sudut berbeda pun juga tidak kalah menariknya untuk selfie maupun ngevlog.

Ikonik sepanjang Malioboro terkenal sebagai surga belanja. Traveler yang datang bisa wisata belanja sepuasnya. Disanalah tempat berkumpulnya pedagang, dilapak mereka menawarkan berbagai souvenir kerajinan unik, dan oleh-oleh khas Jogja seperti Batik, Bakpia Pathok, Gudeg, Salak Pondoh, Yangko, Geplak, ataupun kaos Dagadu Djokdja asli. Lengkap sudah, pulang traveling membawa buah tangan.

Terus untuk tema gastronomi. Ingin merasakan kuliner di Malioboro, silahkan. Bagaimana kalau mencoba kuliner khas Jogja, Gudeg. Opsi lain, juga terdapat restoran yang menyediakan menu khas nusantara, oriental hingga western. Sedangkan untuk kebutuhan akomodasi, hotel di sekitar Malioboro banyak pilihannya, mulai dari hotel berbintang hingga yang terjangkau.

Apalagi yang menarik. Oh ya, terkadang ada festival budaya seni, biasanya karnaval dan kirab budaya. Beruntung sekali bila dapat menjumpainya. Berbeda lagi Jalan Malioboro malam hari, atmosfir nuansanya begitu khas. Yang jelas unik, tak sedikit dari mereka wisatawan menghabiskan waktu sekedar nongkrong refreshing ataupun hanya menikmati suasana saja.

Yang sudah pernah kesini, pasti tertarik ingin kembali lagi.